Pertolongan Pertama Tersiram Air Panas Mendidih Pada Anak

Pertolongan Pertama Tersiram Air Panas – Luka bakar, terutama luka bakar dari air panas dan cairan, adalah kecelakaan yang paling umum terjadi.  Anak-anak sangat berisiko dan memiliki kulit sensitif yang membutuhkan perlindungan ekstra.

Meskipun beberapa luka bakar ringan tidak menimbulkan kekhawatiran dan dapat diobati dengan aman di rumah, luka bakar yang lebih serius lainnya memerlukan perawatan medis.

Luka bakar yang membara dari paparan yang memanjang dan air pada suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, melepuh, dan menyebabkan bekas luka. Seperti cedera atau keadaan darurat, penting untuk merespon dengan cepat dan mengetahui hal yang benar untuk dilakukan. Apa yang harus dilakukan?

Pertolongan Pertama Tersiram Air Panas

Pertolongan Pertama Tersiram Air Panas

Pertolongan Pertama Tersiram Air Panas

  •  Jika anak Anda tersiram air panas, pertama pastikan dulu daerah itu aman dan tidak ada risiko cedera lebih lanjut pada anak Anda atau diri Anda sendiri. Bawa anak Anda ke tempat yang aman jika memungkinkan.
  • Lepaskan pakaian, jam tangan atau perhiasan di area kulit yang tersiram air panas Namun, jangan coba-coba membuang apapun yang menempel di kulit yang terbakar karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan lebih banyak.
  • Letakkan daerah yang tersiram air panas di bawah air dingin selama minimal 20 menit, tapi jangan gunakan es. Lakukan ini langsung. Anda biasanya bisa terus melakukan ini sampai tiga jam setelah kecelakaan tersiram air panas.
  • Jika luka bakar besar, hentikan pendinginan setelah 20 menit. Hal ini karena hipotermia bisa terjadi dengan cepat pada anak-anak.
  • Tutupi/balut bagian tubuh yang tersiram air panas dengan kain bersih, tidak berbulu dan lengket. Jika terjadi pada kaki Angkat kaki untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  • Jangan gunakan es, air es, lotion, pasta gigi, mentega atau tepung, krim atau kecap pada luka bakar. Ini akan membuat kerusakan parah .
  • Hubungi ambulans jika luka bakar itu ada di wajah, jalan nafas, tangan atau alat kelamin anak Anda, atau jika luka bakar lebih besar dari ukuran tangan anak Anda.
  • Pergilah ke dokter atau rumah sakit jika luka bakar berukuran besar, atau jika dalam atau melepuh. Juga pergi jika rasa sakit terus berlanjut atau parah, atau Anda tidak yakin seberapa buruk luka bakar itu.

Cara Mengobati Luka Tersiram Air Panas Secara Alami Yang Boleh Anda Coba

  • Teh Hitam
    Kandungan asam tanat pada teh hitam akan mengurangi rasa sakit. Selain itu, senyawa yang ada di dalam teh ini mampu membantu menengangkan kulit yang terbakar akibat terseiram air panas. Cukup dengan kantong teh hitam dingin dan basah ditempelkan pada bagian luka tersiram air panas lalu balut dengan kain kasa.
  • Madu
    Selain mampu mengobati sakit tenggoroan dan panas dalam, bahan antibiotik alami ini juga ampuh mengobati luka tersiram air panas. Kulit Anda akan terlindung dari infeksi dan efek dingin yang diberikan oleh madu akan membuat kulit cepat sembuh serta rasa sakit pun akan berkurang.
  • Susu
    Anda tidak usah ragu untuk menggunakan susu sebagai salah satu alternatif pengobatan luka tersiram air panas. Selain berkhasiat untuk kesehatan, susu sapi murni juga mampu membuat luka menjadi lebih tenang dan bahkan bisa membuat penyembuhannya lebih cepat. Hal ini terjadi karena susu memiliki kandungan tinggi akan lemak dan proteinnya. Anda bisa mengobati luka tersiram air panas dengan susu dengan cara merendam area yang terluka selama kurang lebih 15 menit. Baca juga: Salep Untuk Luka Tersiram Air Panas

Itulah pertolongan pertama tersiram air panas dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat…

Posted in Cara Menyembuhkan Kulit Yang Terkena Air Panas Tagged with: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*