Apa Saja Pantangan Makanan Untuk Penderita Bell’s Palsy?

Pantangan Makanan Untuk Penderita Bell’s Palsy – Bell’s palsy adalah kelemahan (kelumpuhan) yang mempengaruhi otot-otot wajah. Hal ini karena ada masalah dengan saraf wajah. Biasanya Kelemahan mempengaruhi salah satu sisi wajah saja. Jarang mempengaruhi kedua sisi wajah. Banyak orang yang mengira bahwa mereka yang memiliki Bell’s palsy telah mengalami stroke. Hal ini tidak begitu. Bell’s palsy sangat berbeda dengan stroke dan pemulihan penuh terjadi dalam banyak kasus.

Penyebab Bell’s Plasy

Diperkirakan bahwa peradangan di sekitar saraf wajah berkembang saat melewati tengkorak dari otak. Peradangan dapat labu (kompres) saraf saat melewati tengkorak. Kemudian sebagian saraf, atau seluruhnya, berhenti bekerja sampai peradangan pergi. Apabila saraf tesebut berhenti bekerja, maka otot-otot saraf yang terhubung juga akan berhenti bekerja.

Sampai saat ini penyebab peradangan ini tidak diketahui secaara pasti tetapi, dalam banyak kasus, itu mungkin karena infeksi virus. Ada beberapa bukti bahwa luka dingin (herpes simplex) virus atau cacar (varicella-zoster) virus menyebabkan bell’s palsy pada kebanyakan kasus. Orang-oarang yang memiliki cacar pada beberapa tahap (biasanya sebagai anak) dan banyak orang memiliki luka dingin. virus tidak sepenuhnya pergi setelah Anda memiliki cacar atau sakit pilek. Beberapa partikel virus tetap tidak aktif (dormant) di akar saraf. Mereka tidak membahayakan dan tidak menimbulkan gejala. Untuk alasan yang tidak jelas, virus dapat mulai berkembang biak lagi (re-mengaktifkan). Hal ini sering berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian. Dalam beberapa kasus, ‘diaktifkan kembali’ virus diduga menyebabkan peradangan di sekitar saraf wajah menyebabkan Bell’s palsy. Hal ini lebih umum pada orang dengan diabetes dan juga pada wanita yang sedang hamil.

Ada beberapa pantangan makanan untuk penderita bell’s palsy. Berikut ini adalah makanan yang haus dihindari penderita bell’s palsy agar bisa sembuh total dengan cepat.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Bell’s Palsy

Pantangan Makanan Untuk Penderita Bell's Palsy

Pantangan Makanan Untuk Penderita Bell’s Palsy

  • Hindari makanan yang menyebabkan alergi. makanan umum yang menyebabkan alergi pada beberapa individu adalah telur, kedelai, kacang-kacangan, gandum, jagung, dll.
  • Pantangan makanan untuk penderita bell’s palsy yang selanjutnya adalah makanan olahan seperti roti putih, pasta, gula, gorengan, donat, kue-kue, permen, minuman ringan, dll.
  • Hindari makanan yang mengandung warna buatan dan bahan pengawet.
  • Alkohol sebagai jenis pantangan bell’s palsy yang benar benar harus dihindari karena zat-zat aktif dalam alkohol akan memicu kerusakan jaringan saraf yang lebih parah.
  • Gula
  • Buah anggur
  • Buah jeruk
  • Tomat

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Bell’s Palsy

  • Jahe, kunyit, seledri, bawang putih merupakan rempah-rempah yang memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit di bell’s plasy.
  • Bayam, asparagus, kol kembang, brokoli, dan kacang buncis adalah sayuran yang  kaya vitamin B6 dengan demikian akan membantu dalam perbaikan saraf.
  • Ikan salmon. Vitamin B12 pada ikan salmon dapat membantu dalam perbaikan saraf.
  • Pisang, alpukat merupakan buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita bell’s palsy
  • Beras merah
  • Serea

Itulah makanan yang baik dan pantangan makanan untuk penderita bell’s palsy. Selain mengubah pola makan yang sehat jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur.

Klik Disini untuk info mengenai obat tradisional bell’s palsy.

Posted in Info Kesehatan Tagged with: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*