Perawatan Pasca Operasi Cantengan Jempol Kaki Di Rumah

Operasi cantengan jempol kaki secara medis disebut sebagai roser plasty, adalah salah satu tindakan yang umum dilakukan pada kasus cantengan. Tindakan yang dilakukan ini akan membuang atau mencabut sebagian kuku jempol kaki.

Dalam prosedur roser plasty dokter akan mencabut sebagian kuku jempol kaki Anda yang cantengan, setelah dicabut maka akan dilakukan penjahitan pada jaringan di tepi kuku. Selanjutnya luka akan dibersihkan, lalu diperban secara steril. Kemudian setelah tindakan tersebut selesai maka dokter akan meresepkan obat-obatan untuk pasien cantengan, dan pasien dijadwalkan untuk kembali kontrol ke dokter dalam waktu 5-7 hari setelah tindakan untuk memeriksa kesembuhan jaringan.

Perawatan Pasca Operasi Cantengan Jempol Kaki Di Rumah

Operasi Cantengan Jempol Kaki
Operasi Cantengan Jempol Kaki

Apabila Anda telah menjalankan operasi cantengan jempol kaki, sementara untuk menunggu waktu kontrol ke dokter berikut ini adalah perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah:

  • Menjaga kassa/perban agar tetap bersih. Perban harus dijaga agar tetap tertutup rapat sehingga tidak boleh terkena ari.
  • Hindari membuka perban sendiri (terutama jika jahitan belum dilepas/dicabut). Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri yang dapat memicu infeksi.
  • Penggantian perban harus dilakukan secara steril oleh dokter atau petugas medis saat Anda melakukan kontrol
  • Untuk sementara waktu sebaiknya Anda hindari menggunakan sepatu yang tertutup. Ada baiknya mengenakan sandal yang terbuka, dan hindari penggunaan alas kaki yang sempit dan dapat menekan luka.
  • Konsumsilah makanan yang bergizi untuk mendukung proses pemulihan jaringan, misalnya makanan yang mengandung protein.
  • Konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter secara rutin dan teratur (sesuai petunjuk). Umumnya dokter akan meresepkan obat analgetik untuk mengurangi nyeri, obat antibiotik untuk mencegah infeksi, serta obat antiinflamasi untuk meredakan peradangan jika perlu.

Jika Anda melakukan tindakan operasi cantengan jempol kaki sebaiknya kontol ke dokter sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ketika kontrol, dokter biasanya akan memeriksa kondisi luka apakah sudah tertutup dengan baik dan mewaspadai adanya tanda-tanda infeksi. Apabila kondisi luka sudah baik dan tidak ada gejala infeksi, maka yang selanjutnya dokter akan melakukan pencabutan benang dan perawatan luka yang lebih lanjut lagi. Luka tersebut akan ditutup kembali dengan perban secara steril, dan perban harus tetap terjaga supaya tetap bersih dan tidak terkena air. Setelah itu, dokter akan mengarahkan pada perawatan luka selanjutnya yang dapat Anda lakukan di rumah. Sebaiknya Anda mengikuti petunjuk dokter agar pengobatan yang dilakukan secara tuntas sehingga luka telah sembuh sepenuhnya. Baca Juga: Cara Mengobati Cantengan Jempol Kaki

Cara Mencegah Cantengan dan Mencegahnya Menjadi Lebih Parah

Untuk mencegah cantengan atau mencegahnya menjadi lebih parah, berikut ini yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Hindari memotong kuku terlalu pendek.
  • Menjaga kebersihan kulit jaringan dengan air hangat dan sabun.
  • Hindari menggunakan sepatu yang terlalu sempit
  • Mengompres hangat pada jari yang bengkak
  • Cobalah jauhkan sisi jaringan lunak kulit dengan kuku dengan catton bud

 

Operasi Cantengan Jempol Kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *