Gejala Thalasemia Pada Anak Dan Pengobatannya

Pada kebanyakan pasien dengan ciri-ciri talasemia, tidak ada tanda-tanda atau gejala yang tidak biasa ditemui. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin herbalgamat.web.id akan memberikan informasi tentang gejala thalasemia pada anak dan pengobatannya. Berikut ini adalah informasinya…

Gejala Thalasemia Pada Anak

Gejala Thalasemia Pada Anak

Gejala Thalasemia Pada Anak

  • Beberapa pasien, terutama mereka dengan bentuk agak lebih parah dari penyakit, nyatanya kulit menjadi pucat atau kekuningan, yang dapat mengarah ke pembengkakan perut. orang tua atau pengasuh anak yang terkena mungkin melaporkan gejala-gejala thalasemia pada anak tersebut.
  • Dalam bentuk yang lebih parah, seperti thalassemia beta mayor, gejala thalasemia pada anak bervariasi. Mulai dari melemahkan pada pasien yang tidak menerima transfusi untuk terapi khelasi ringan dan hampir tanpa gejala pada mereka yang menerima rejimen transfusi rutin dan diawasi secara ketat.
  • Anak-anak dengan thalassemia beta mayor biasanya menunjukkan tidak ada gejala awal sampai bagian akhir dari tahun pertama kehidupan. Namun, sesekali pada anak-anak dari 3-5 tahun, kondisi mungkin tidak diakui karena keterlambatan dalam penghentian produksi Hb F.
  • Pasien dengan Hb E / thalassemia beta dapat hadir dengan gejala berat dan perjalanan klinis identik dengan pasien dengan thalassemia beta mayor. Atau, pasien dengan Hb E / talasemia beta dapat menjalankan kursus ringan mirip dengan pasien dengan thalassemia intermedia atau minor. Perbedaan tingkat keparahan ini telah dijelaskan di antara saudara kandung dari orang tua yang sama. Beberapa variasi dalam tingkat keparahan dapat menjelaskan berdasarkan genotipe yang berbeda, seperti:
    • Jenis gen thalassemia β hadir (yaitu, β + atau β-0)
    • Co-pewarisan gen thalassemia alfa
    • Tingginya tingkat Hb F
    • Atau keberadaan gen memodifikasi perubahan ini disebabkan oleh ekspansi besar-besaran dari tulang karena produksi eritroid tidak efektif.
  • Proses pembentukan reitrosit (sel darah merah) yang tidak efektif juga dapat menciptakan keadaan hipermetabolisme berhubungan dengan demam dan gagal tumbuh.
  • Kadang-kadang, gout karena hyperuricemia, serta batu ginjal, terlihat lebih sering sebagai pasien dengan thalassemia mayor hidup lebih lama. anemia kronis dan paparan agen chelating dianggap disalahkan untuk komplikasi ini.
  • Pasien mungkin mengalami gejala yang menyarankan diabetes, gangguan tiroid, atau endocrinopathy lainnya; ini jarang.

Kelebihan zat besi adalah salah satu penyebab utama morbiditas pada semua pasien dengan bentuk parah dari thalassemia, terlepas dari apakah mereka secara teratur ditransfusikan.

  • Pada pasien ditransfusikan, omset besi yang berat dari darah yang ditransfusikan biasanya penyebabnya; pada pasien nontransfused, komplikasi ini biasanya ditunda sampai pubertas (jika pasien bertahan untuk usia itu).
  • Peningkatan penyerapan zat besi merupakan penyebab pada pasien nontransfused, namun alasan di balik fenomena ini tidak jelas. Banyak yang percaya bahwa, meskipun keadaan kelebihan zat besi pada pasien ini dan peningkatan deposito besi di sumsum tulang, kebutuhan untuk besi untuk memasok produksi besar eritrosit tidak efektif adalah luar biasa, menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam penyerapan GI besi.
  • Kecenderungan perdarahan, peningkatan kerentanan terhadap infeksi, dan disfungsi organ yang semuanya terkait dengan kelebihan zat besi.

Thalasemia harus dipertimbangkan dalam setiap anak dengan anemia mikrositik hipokromik yang tidak menanggapi suplemen zat besi. Pertumbuhan yang buruk pada pasien dengan thalassemia disebabkan beberapa faktor dan mempengaruhi pasien dengan penyakit terkendali dengan baik serta mereka dengan penyakit yang tidak terkendali.

Diagnosis biasanya dicurigai pada anak-anak dengan gambar hipokromik dan mikrositik dijelaskan, terutama mereka yang menjadi milik salah satu kelompok etnis yang berisiko. Untuk alasan ini, dokter harus selalu menanyakan tentang latar belakang pasien etnis, sejarah keluarga dari gangguan hematologi, dan sejarah diet.

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko thalassemia meliputi:

  • Riwayat keluarga thalassemia. Thalassemia dilewatkan dari orang tua kepada anak-anak melalui gen hemoglobin bermutasi.
  • Keturunan tertentu. Thalasemia terjadi paling sering pada orang Afrika-Amerika dan orang-orang Mediterania dan keturunan Asia Tenggara.

Pengobatan Thalasmia

Untuk pengobatan penyakit thalassemia tergantung pada jenis yang diderita dan seberapa parah itu.

1. Pengobatan Untuk Thalasemia Ringan

Tanda dan gejala biasanya ringan dengan thalassemia minor dan sedikit, jika ada, pengobatan dibutuhkan. Kadang-kadang, Anda mungkin perlu transfusi darah, terutama setelah operasi, setelah melahirkan atau untuk membantu mengelola komplikasi thalassemia.

Orang dengan berat beta-thalassemia akan membutuhkan transfusi darah. Dan karena perawatan ini dapat menyebabkan kelebihan zat besi, mereka juga akan memerlukan pengobatan untuk membuang kelebihan zat besi. Obat oral disebut deferasirox (Exjade, Jadenu) dapat membantu menghilangkan kelebihan zat besi

2. Pengobatan untuk moderat untuk talasemia berat

Transfusi darah. bentuk yang lebih berat dari thalassemia sering membutuhkan transfusi darah sering, mungkin setiap beberapa minggu. Seiring waktu, transfusi darah menyebabkan penumpukan zat besi dalam darah Anda, yang dapat merusak jantung Anda, hati dan organ lainnya. Untuk membantu tubuh Anda menyingkirkan zat besi tambahan, Anda mungkin perlu untuk mengambil obat yang membersihkan tubuh Anda dari zat besi tambahan.

Transplantasi sel induk. Juga disebut transplantasi sumsum tulang, transplantasi sel induk dapat menjadi pilihan di pilih kasus, termasuk anak-anak lahir dengan thalassemia berat. Hal ini dapat menghilangkan kebutuhan untuk transfusi darah seumur hidup dan obat-obatan untuk mengontrol kelebihan zat besi.

Selama prosedur ini, Anda menerima infus sel induk dari donor yang kompatibel, biasanya saudara.

3. Pengobatan Thalasemia Pada Anak Secara Alami Tanpa Transfusi

Jika ingin mengobati penyakit thalasemia yang diderita oleh anak Anda secara alami tanpa transfusi, kami sarankan untuk memilih mengkonsumsi QnC Jelly Gamat. Apa itu QnC Jelly Gamat? QnC Jelly Gamat adalah obat herbal multikhasiat yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan terbaik tanpa campuran bahan kimia. Oleh karena itu, QnC Jelly Gamat sangat aman dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia mulai dari anak-anak, dewasa, ibu hamil, hingga ibu menyusui sekalipun. Baca Selengkapnya…

Posted in Cara Mengobati Penyakit Thalasemia Pada Anak Tagged with: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*